Loading

Saturday, March 31, 2012

Tomcat atau Kumbang Paederus

Berita baru mengenai bahaya serangga Tomcat yang mengatakan bahwa racun yang dimilikinya lebih kuat dari ular kobra, sangat tidak masuk akal. Tapi kenyataanya memang seperti itu, jika mengenai kulit saja bisa melepuh apalagi jika masuk kedalam darah,bayangkan sendiri jadi seperti apa ?

Tapi tomcat dengan kobra berbeda cara kerja racunnya, kalau kobra dengan gigitan melalui aliran darah sedangkan tomcat hanya bersentuhan yang menimbulkan kulit menjadi melupuh.Apabila serangga itu tidak diusik atau terpencet hingga pecah dan keluar racunnya, maka tidak akan berbahaya.

Peningkatan populasi Tomcat yang pesat saat ini sudah sampai masuk ke wilayah perumahan, diperkirakan karena perubahan cuaca ekstrim yang sedang terjadi di Indonesia. Awalnya tomcat ini menyerang daerah surabanya dan sekitarnya, namun sekarang dengar-dengar sudah sampai daerah ibukota jakarta.

Berikut ini cara untuk mencegah dan pengobatan tomcat :

1. Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
2. Hindari sentuhan dengan tomcat
3. Usahakan pintu dan jendela tertutup rapat
4. taburkan bubuk anti serangga disekitar rumah
5. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.
6. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup atau mengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
7. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.
8. Segera bilas kulit dengan air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.
9. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.

Jika racun sudah mengenai kulit jalan terbaik pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

0 comments:

Post a Comment

free counters